All for Joomla All for Webmasters

Keripik Buah Sebagai Usaha Kuliner

 

Keripik buah merupakan salah satu usaha yang sedang banyak dilirik oleh para pelaku bisnis kuliner. Selain karena memang banyaknya permintaan, jenis buah yang menjadi ciri khas dari suatu kota tertentu akan dapat meningkatkan brand image dari keripik buah tersebut dan semakin menambah nilai jual.

Dalam hal prospek usaha boleh dikatakan bisnis ini cukup potensial terutama jika produknya dapat bersanding dengan sektor pariwisata daerah tersebut, bukan menjadi hal yang tidak mungkin produk keripik buah tersebut dapat menjadi ciri khas oleh-oleh dari daerah tersebut.

Jika anda berminat untuk mencoba terjun ke dalam usaha pembuatan keripik buah, berikut kami mencoba sedikit menjelaskan apa saja yang diperlukan dalam hal pembuatan keripik buah tersebut

1.Alat

Dalam usaha pembuatan keripik buah akan sedikit menguras kocek anda pada awalnya, dikarenakan anda akan membutuhkan alat-yang digunakan untuk proses produksi keripik buah. Berikut kami jelaskan alat-alat yang diperlukan dalam proses pembuatan keripik buah

  • Vaccum Frying

adalah alat yang digunakan untuk menggoreng buah dalam kondisi vacuum. Dan untuk mendapatkan keripik buah yang bagus memang harus menggunakan vacuum frying. Jika baru mau memulai usaha ini anda bisa menggunakan vaccum frying kapasitas 10-15 Kg untuk efektifitas dan efisiensi produksi, dikarenakan proses pemasakan yang cukup lama yaitu sekitar 2-3 jam. Jadi dalam waktu 8 jam kerja anda hanya dapat memasak 2-3 kali. Semakin besar besar kapasitas vaccum frying anda semakin besar pula jumlah keripik buah yang bisa anda hasilkan dalam 1 hari kerja.

  • Spinner

Spinner digunakan untuk mempercepat waktu anda dalam meniriskan minyak pada kripik setelah selesai digoreng.

  • Sealer

Sealer digunakan untuk merekatkan kemasan, baik yang berupa plastic maupun aluminium foil. Jenis sealer bermacam-macam, menyesuaikan dengan tipe dan ukuran kemasan, oleh sebab itu ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dalam memilih sealer.

2.Lokasi

Untuk lokasi kita bagi menjadi 2 bagian, yang pertama adalah tempat anda berjualan (toko) dan yang kedua adalah tempat dimana anda memproduksi keripik buah anda.

Untuk lokasi tempat berjualan ada baiknya anda mencari tempat yang strategis untuk memudahkan konsumen dalam mencari produk anda.

Sedangkan untuk lokasi produksi tidak diperlukan lokasi yang strategis, hanya dibutuhkan ruangan yang agak besar, dikarenakan bentuk vaccum frying yang besar dan memerlukan sedikit ruang kosong.

Atau anda bisa mencari lokasi di satu tempat yang bisa digunakan untuk keduanya.

3.Kebutuhan Listrik

Untuk kebutuhan listrik  daya vaccum frying ukuran standart nya rata-rata menggunakan 1000 watt/220 V sehingga instalasi listrik minimum nya adalah 1300 Watt.

Sedangkan untuk vaccum frying yang berukuran 25 kg dalam setiap proses pengerjaan membutuhkan daya listrik sebesar 1500 watt. Jadi instalasi listrik nya harus di atas 1500 watt.

4.Bahan Baku

Dalam mencari bahan baku ada baiknya anda menggunakan bahan baku yang mudah dalam mendapatkannya di daerah anda, seperti misalnya jika anda berada di malang, maka lebih baik anda membuat keripik buah apel karena memang buah apel sangat melimpah di kota malang. Dan begitu juga dengan kota-kota lain nya.

Bahan lain yang anda perlukan adalah minyak goreng, sebaiknya anda menggunakan minyak goreng yang bagus dan jernih karena minyak goreng akan mempengaruhi rasa, roma dan warna keripik buah yang dihasilkan. Untuk Hal ini sangat direkomendasikan menggunakan minyak kelapa.